Rabu, 26 Maret 2014

Menanam Tomat Dalam Polybag - Tani Gemilang11

Ups… ternyata sudah sekian bulan saya tidak melakukan blogging. Sebenarnya ada banyak sekali ide untuk ditulis, tapi karena kendala niat dan fasilitas serta kesibukan mengubah lay out kebun, akhirnya baru kali ini sempat menulis.

www.tanigemilang11.blogspot.com

Kali ini saya akan bercerita bagaimana menanam tomat dalam polybag. Saya sengaja memilih tomat non hibrida, alasannya kalau tomat hibrida ditanam seednya berulang akan tanaman berikutnya akan berubah karakternya.

http://cakning.com/?sp=gemilang
Solusi bagi Anda yang ingin bisnis online tanpa harus stok produk..
Tersedia ribuan produk berkualitas dengan banyak kategori di marketplace..

Info detail kunjungi..
http://cakning.com/?sp=gemilang

saya menanam 20 seed tomat costoluto genovese non hibrida. Sebelum disemai, benih direndam selama 2 jam dalam air dingin kemudian disemaikan didalam tray persemaian yang diisi dengan campuran pupuk organik dan tanah dengan perbandingan 1:1 kemudian disiram dengan air sampai media lembab dan diletakkan ditempat teduh.

www.agrobisnistop.blogspot.com
bibit tomat siap dipindah kedalam polibag

Benih akan tumbuh setelah 5-7 hari semai dan harus menunggu muncul 5-6 helai daun sebelum dipindahkan ke lahan.
Setelah daun muncul 5-6 helai daun, bibit siap dipindahkan kedalam polybag.
Polibag yang digunakan sebaiknya polibag yang berukuran 35 x 35 atau lebih besar, agar pertumbuhan akar dan simpanan air dalam media tanam nantinya cukup untuk menjamin pertumbuhan tanaman.

www.agrobisnistop.blogspot.com
tanaman tomat dalam polibag, 2 minggu setelah pindah tanam
Polibag diisi dengan campuran tanah dan pupuk organik 1:1 dan usahakan tidak terlalu penuh mengisinya agar terdapat ruang untuk melakukan pembubunan nantinya.
Gunakan pencungkil (lihat cara memindah bibit disini) untuk memindahkan tray semai kedalam polibag agar perakaran tidak rusak dan tanaman tidak layu setelah dipindahkan.
setelah tanaman dipindah kedalam polibag, beri pengairan yang teratur, pasang ajir dan lakukan pemangkasan/prunning untuk tunas-tunas baru dibagian bawah serta daun yang sudah menguning.

www.agrobisnistop.blogspot.com
daun dibagian bawah serta tunas-tunas wiwilan harus dibersihkan
Jangan lupa menambahkan media tanamam serta pupuk organik ketika tanaman mulai kelihatan akarnya, ini disebut pembubunan.
setelah muncul bunga pertama, bersihkan semua tunas baru dan daun yang tua dibawah bunga, sehingga pertumbuhan bunga baik dan iklim mikro sekitar tanaman cocok untuk proses pembungaan dan pembentukan buah.
www.agrobisnistop.blogspot.com
Bunga tomat
Ketika buah sudah mulai terbentuk, lakukan pemupukan dengan pupuk organik 5 hari sekali sampai buah masak. hemm, gampang kan bertanam… dan hasilnya juga lumayan. :)

www.agrobisnistop.blogspot.com
tomat muda

www.sumberartomoro.blogspot.com
buah tomat mulai tua
www.sumberartomoro.blogspot.com
tomat siap panen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengupas Cara Membuat Briket Arang sebagai Bahan Bakar Alternatif..

  Dari sekian banyak bahan bakar alternatif , salah satu yang menggunakan bahan baku alami dan bisa ditemukan di sekitar kita adalah brike...